SELAMAT DATANG

Jumat, 20 Januari 2012

PERPUSTAKAAN SEKOLAHKU

            Perpustakaan sekolahku adalah salah satu diantara beberapa sumber atau tempat belajar, tidak hanya dikelas saja kita bisa menggunakan tempat belajar, diperpustakaan sekolahpun kita bisa belajar dan dengan fasilitas yang memadai. Dimana kita bisa mencari berbacai macam informasi yang selayaknya perlu kita dapatkan, perpustakaan merupakan tempat yang ideal bagi siswa-siswi yang menginginkan tempat untuk belajar yang nyaman, bersih dan jauh dari kebisingan.
            Diwaktu saya masih duduk dibangku SMA seringkali saya melihat siswa-siswi khususnya teman-teman yang keliaran di luar kelas, ada yang bermain-main, dan ada juga yang pergi ke kantin sekolah diwaktu guru tidak hadir dan tidak bisa mengajar. Dari pada waktu luang kita gunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat lebih baik kita gunakan untuk belajar ataupun membaca-baca di perpustakaan sekolah. Pepatah mengatakan waktu adalah uang, disinilah kita bisa memanfaatkan waktu yang luang untuk membaca di perpustakaan, setidak-tidaknya kita bisa memperoleh lebih banyak informasi. Barang siapa saja yang suka membaca kelak dengan tidak sadar wawasan kita akan bertambah dengan sendirinya, karena membaca merupakan kunci utama kita untuk mencapai cita-cita dan masa depan kita. Disinilah kegunaan dari pada perpustakaan sekolah bagi siswa-siswi yang suka membaca dan ingin mencari informasi sebanyak-banyaknya.
            Perpustakaan sekolahku dengan kualitas tempat membaca yang nyaman, fasilitasnya pun lengkap yang membuat siswa-siswi seringkali menyalah gunakan tempat perpustakaan untuk tempat ketemuan dan berpacaran. Biasa anak muda jaman sekarang memanfaatkan segala sesuatu yang ada untuk kepentingan pribadi. Dari kejadian tersebut bisa diambil sisi positifnya, lama kelamaan siswa-siswi tersebut lebih sering mengunjungi perpustakaan dan akhirnya lebih sering membaca di perpustakaan walaupun diiringi dengan pacaran.
            Perpustakaan sekolahku juga ada ruang khusus dengan fasilitas yang lengkap untuk melakukan kegiatan belajar mengajar bagi siswa-siswi yang kelasnya dipakai, biasanya karena kelasnya dipakai untuk rapat ataupun yang lainnya. Mudahnya proses peminjaman buku di perpustakaan sekolahku membuat para murid senang dan bahkan sering meminjam buku-buku bacaan ataupun yang lainnya, cara peminjaman buku di perpustakaan dengan cara menyerahkan kartu tanda anggota perpustakaan dan menyatat buku apa yang akan dipinjam dan terakhir murid yang meminjam diwajibkan tanda tangan. Setelah itu buku bisa kita bawa dalam jangka waktu tertentu, kalau waktu pengembalian buku telat pada waktunya maka sipeminjam tersebut kena sanksi denda berupa uang Rp. 100,-/hari. Denda uang tersebut dibuat supaya siswa tersebut bisa mengembalikan buku dengan tepat waktu.
            Di perpustakaan sekolahku jika pemustaka merusak atau menghilangkan buku perpustakaan maka pemustaka dikenai sanksi mengganti buku yang sama persis dengan buku yang dihilangkan tersebut. Memang sanksi dalam perpustakaan yang paling berat adalah mengganti buku yang rusak atau hilang, dengan sanksi tersebut diharapkan pemustaka lebih bertanggung jawab dan lebih peduli akan perawatan buku yang ada di perpustakaan.
            Selain kita memperoleh pengetahuan dari pelajaran yang diajarkan oleh guru kita perpustakaan sekolah merupakan sarana kita untuk menggali pengetahuan dan informasi di sekolah, itu semua adalah milik kita bersama selayaknya kita ikut serta menjaga dan merawat buku koleksi perpustakaan. Itu semua ditunjukan kepada perpustakaan yang sudah melayani kita dalam belajar, semua fasilitas dan buku-buku agar terawat dengan itu kita sebagai pemustaka juga akan merasa puas dan nyaman dalam membaca di perpustakaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Red Spinning Frozen Snowflake