SELAMAT DATANG

Senin, 23 Januari 2012

Mata Kuliah Jaringan Informasi Digital


Oleh    : Andika Septyawan
NIM     :100213306149
Prodi  :D3 Perpustakaan 
Dosen: Moch. Syafi, S. Kom. 

Tugas 1 : Mencari Sejarah Internet



SEJARAH INTERNET

Jika Anda membaca artikel ini, kemungkinan bahwa Anda menghabiskan cukup banyak waktu online. Namun, mengingat betapa banyak pengaruh Internet telah dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak banyak dari kita yang benar-benar tahu cerita tentang bagaimana sejarah mulai munculnya internet?

Berikut adalah sejarah singkat dari internet, termasuk tanggal-tanggal penting, orang, proyek, situs, dan informasi lainnya yang seharusnya memberi Anda setidaknya menggambarkan sebagian dari beberapa hal mengenai asal internet.

Sejarah Internet
Sementara sejarah lengkap dari Internet dengan mudah bisa anda baca dari beberapa buku ataupu artikel ini. Anda harus membiasakan dengan tonggak kunci dan kegiatan yang terkait dengan pertumbuhan dan evolusi internet antara tahun 1969 sampai 2009

Tahun 1969: Arpanet



 Arpanet merupakan jaringan nyata pertama yang berjalan pada teknologi packet switching. Pada tanggal 29 Oktober 1969, komputer di Stanford dan UCLA terhubung untuk pertama kalinya.          

Tahun 1969: Unix      

 
Unix adalah sistem operasi yang sangat dipengaruhi desain yang dari Linux dan FreeBSD (sistem operasi yang paling populer di server web hari ini / layanan web hosting).

Tahun 1970: Arpanet jaringan           
Sebuah jaringan Arpanet didirikan oleh Harvard, MIT, dan BBN (perusahaan yang menciptakan "pesan antar muka prosesor" komputer digunakan untuk menghubungkan ke jaringan) pada tahun 1970.          

Tahun 1971: Email     
Email ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1971 oleh Ray Tomlinson, yang juga membuat keputusan untuk menggunakan "@" simbol untuk memisahkan nama pengguna dari nama komputer (yang kemudian menjadi nama domain).


Tahun 1971: Proyek Gutenberg dan eBook  


Salah satu perkembangan yang paling mengesankan tahun 1971 adalah awal dari Proyek Gutenberg. Proyek Gutenberg, bagi mereka yang tidak terbiasa dengan situs ini, adalah upaya global untuk membuat buku-buku dan dokumen dalam domain publik yang tersedia secara elektronik
dan gratis dalam berbagai e-book dan format elektronik.      

Ini dimulai ketika Michael Hart memperoleh akses ke blok besar waktu komputasi dan datang ke realisasi bahwa masa depan komputer tidak dalam komputasi itu sendiri, tetapi dalam penyimpanan, pengambilan dan mencari informasi yang
pada saat itu hanya berisi di perpustakaan. Dia mengetik secara manual (tidak ada OCR pada waktu itu) "Deklarasi Kemerdekaan" dan meluncurkan Proyek Gutenberg untuk membuat informasi yang terkandung dalam buku tersedia dalam bentuk elektronik. Inilah awal mula kelahiran dari eBook.       

Tahun 1972: CYCLADES    
Perancis mulai sendiri-seperti proyek ARPAnet pada tahun 1972, disebut CYCLADES. Sementara Cyclades akhirnya ditutup, hal itu pelopor ide kunci: komputer host harus bertanggung jawab untuk transmisi data dari pada jaringan itu sendiri.    

Tahun 1973: Koneksi trans-Atlantik pertama dan popularitas email 
Arpanet dibuat pertama trans-Atlantik koneksi pada tahun 1973, dengan University College of London. Pada tahun yang sama, email menyumbang 75% dari semua aktivitas jaringan Arpanet.     

Tahun 1974: Awal dari TCP / IP
        

1974 adalah tahun terobosan. Sebuah proposal diterbitkan untuk menghubungkan ARPA-seperti jaringan bersama-sama ke sebuah "jaringan antar" yang akan tidak memiliki kontrol pusat dan akan bekerja di sekitar sebuah protokol kontrol transmisi (yang akhirnya menjadi TCP / IP).
 

Tahun 1975: Para klien email 
Dengan popularitas email, program email modern pertama dikembangkan oleh John Vittal, seorang programmer di University of Southern California pada tahun 1975. Kemajuan teknologi terbesar program ini (disebut MSG) dibuat adalah penambahan "Reply" dan "Forward" fungsionalitas.   

Tahun 1977: Modem PC        



1977 adalah tahun yang besar untuk pengembangan internet seperti yang kita kenal sekarang. Ini tahun modem PC pertama, yang dikembangkan oleh Dennis Hayes dan Dale Heatherington, diperkenalkan dan awalnya dijual kepada penggemar komputer.


Tahun 1978: Buletin Board System (BBS)   
Buletin Board System (BBS) pertama dikembangkan selama badai salju di Chicago pada tahun 1978.     
Tahun 1978: Lahirnya Spam  
1978 juga merupakan tahun yang membawa pesan email yang tidak diminta komersial pertama (kemudian dikenal sebagai spam), dikirim ke 600 pengguna Arpanet California oleh Gary Thuerk.
      

Tahun 1979: MUD - Bentuk awal dari multiplayer game     


Para pendahulu untuk World of Warcraft dan Second Life dikembangkan pada tahun 1979, dan disebut MUD (Multi
User Dungeon). MUD seluruhnya berbasis teks dunia maya, menggabungkan elemen role-playing game, fiksi interaktif, dan chat online.     

Tahun 1979: Usenet   
Pada tahun 1979 Usenet yang diciptakan oleh dua mahasiswa pascasarjana. Usenet adalah sistem diskusi berbasis internet, memungkinkan orang dari seluruh dunia untuk berbicara tentang topik yang sama dengan posting pesan publik dikategorikan oleh newsgroup. 

Tahun 1980: Perangkat lunak Enquire           
Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (lebih dikenal sebagai CERN) meluncurkan Enquire (ditulis oleh Tim Berners-Lee), sebuah program hypertext yang memungkinkan para ilmuwan di laboratorium fisika partikel yang digunakan untuk melacak orang, perangkat lunak, dan proyek-proyek menggunakan hypertext (hyperlink).         

Tahun 1982: Emoticon pertama          


Beberapa orang dan Kevin MacKenzie menemuan emoticon pada tahun 1979, itu pada tahun 1982 Scott Fahlman yang mengusulkan menggunakan :-) digunakan untuk ekspresi lelucon, dari pada sebelumnya -) usulan dari MacKenzie. Kemudian lahirlah Emoticon modern.     

Tahun 1983: Arpanet komputer beralih ke TCP / IP 
1 Januari 1983 adalah perpindahan komputer Arpanet dan beralih ke TCP / IP protokol yang dikembangkan oleh Vinton Cerf. Beberapa ratus komputer menggunakan saklar. Nama server juga dikembangkan di '83.           

Tahun 1984: Domain Name System (DNS)  


Domain Name System diciptakan pada tahun 1984 bersama dengan Domain Name Server pertama (DNS). Sistem nama domain itu penting
, hal itu membuat alamat di Internet lebih mudah bagi manusia dibandingkan dengan rekan-rekan numerik alamat IP. DNS server memungkinkan pengguna internet mengetikkan lebih mudah meingat nama domain dan kemudian diubah ke alamat IP secara otomatis.

Tahun 1985: Komunitas virtual         
Tahun 1985 membawa pengembangan dari WELL(singkat dari Whole Earth ‘Lectronic Link '), salah satu komunitas virtual tertua yang masih beroperasi. Ini dikembangkan oleh Stewart Brand dan Larry Brilliant pada bulan Februari '85. Ini dimulai sebagai komunitas pembaca dan penulis Review Whole Earth dan merupakan "pertemuan intelektual sangat baik dan tanpa hambatan. Wired Magazine pernah disebut Sumur "Komunitas online yang paling berpengaruh di dunia."           

Tahun 1986: Protokol wars    
Protokol wars dimulai pada tahun 1986. Negara-negara Eropa pada waktu itu mengejar Open System Interconnection (OSI), sementara Amerika Serikat menggunakan Internet / Arpanet protokol.      

Tahun 1987: Internet tumbuh
Pada tahun 1987 terdapat hampir 30.000 host Internet. Para ARPAnet asli Protokol telah membatasi untuk 1.000 host, tetapi adopsi dari standar TCP / IP membuat sejumlah host malah semakin banyak.    

Tahun 1988: IRC - Internet Relay Chat        


Pada tahun 1988 Internet Relay Chat (IRC) pertama kali digunakan, guna mempermudah untuk real-time chatting dan program instant messaging kita gunakan saat ini.           

Tahun 1988: Serangan berbahaya berbasis internet   
Salah satu virus internet besar pertama dirilis pada tahun 1988. Disebut sebagai "The Worm Morris", itu ditulis oleh Robert Tappan Morris dan menyebabkan gangguan utama di sebagian besar Internet. 

Tahun1989: AOL diluncurkan           


Apple menarik keluar dari program AppleLink pada tahun 1989, proyek ini
lahir dan berganti nama America Online. AOL. Kemudian membuat Internet populer di antara semua pengguna internet.

Tahun 1989: Lahirnya World Wide Web      


Pada tahun 1989 juga membawa tentang proposal untuk World Wide Web, yang ditulis oleh Tim Berners-Lee. Ini awalnya diterbitkan dalam edisi Maret MacWorld, dan kemudian didistribusikan bilan Mei 1990. Ini ditulis untuk meyakinkan CERN bahwa sistem penulisan alamat internet global. Ini pada awalnya disebut "Mesh"; istilah "World Wide Web" diciptakan sementara oleh Berners-Lee menulis kode pada tahun 1990.          

Tahun 1990: Komersial pertama dial-up ISP 
Tahun 1990 juga membawa tentang penyedia komersial pertama Internet dial-up didunia. Pada tahun yang sama, ARPAnet tidak ada lagi.

Tahun 1990: Terselesaikannyan World Wide Web    
Kode untuk World Wide Web ditulis oleh Tim Berners-Lee, berdasarkan proposal dari tahun sebelumnya, bersama dengan standar untuk HTML, HTTP, dan URL.

Tahun1991: Halaman web pertama kali diciptakan
 

Tahun 1991 membawa beberapa inovasi besar pada dunia internet. Halaman web pertama diciptakan dan sangat mirip dengan email, pertama menjelaskan apa email itu, tujuannya adalah untuk menjelaskan apa World Wide Web.
Tahun 1991: Pertama konten berbasis protokol pencarian
Ditahun yang sama juga, pertamakali protokol mencari yang memeriksa isi file, bukan hanya nama file diluncurkan, kata Gopher.

Tahun 1991:  Standar MP3    
Tahun ini juga, format file MP3 diterima sebagai standar musik pada tahun 1991. File MP3, yang sangat padat, kemudian menjadi format file yang populer untuk berbagi seluruh album lagu dan melalui internet.
Tahun 1991: Webcam pertama           


Salah satu perkembangan yang lebih menarik dari era ini, meskipun adalah webcam pertama. Itu ditempatkan di lab komputer Universitas Cambridge, dan satu-satu tujuannya adalah untuk membantu pembuat kopi tertentu sehingga pengguna bisa menghindari berjalan di laboratorium untuk mendapatkan kopi.

Tahun 1993: Mosaic - web browser grafis pertama untuk masyarakat umum      
     

Secara luas download browser Internet pertama, Mosaic, dirilis pada tahun 1993. Sementara Musa bukan browser web pertama, itu dianggap browser pertama untuk membuat Internet mudah diakses untuk non-teknisi.
   

Tahun 1994: Netscape Navigator      


Pesaing besar pertama Mosaic, Netscape Navigator, dirilis tahun berikut
nya (1994).

1995: Komersialisasi internet 
Tahun ini sering dianggap sebagai tahun pertama web jadi dan dikomersialisasikan. Meskipun ada perusahaan komersial online sebelum '95, ada beberapa perkembangan penting yang terjadi tahun itu. Pertama, SSL (Secure Socket Layer) enkripsi dikembangkan oleh Netscape, sehingga lebih aman untuk melakukan transaksi keuangan (seperti pembayaran kartu kredit) secara online.
Selain itu, dua bisnis online besar
yang mereka dapat ditahun yang sama. Penjualan pertama pada "Echo Bay" dibuat tahun itu. Echo Bay kemudian menjadi eBay. Amazon.com juga mulai pada tahun 1995, meskipun tidak menghasilkan keuntungan selama enam tahun, sampai tahun 2001.

Tahun1995: Geocities, Vatikan goes online, dan JavaScript 
Perkembangan utama lainnya pada tahun yang mencakup peluncuran Geocities (yang secara resmi ditutup pada tanggal 26 Oktober 2009).
Java dan JavaScript (awalnya bernama LiveScript oleh penciptanya, Brendan Eich, dan disebarkan sebagai bagian dari browser Netscape Navigator) pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 1995. ActiveX diluncurkan oleh Microsoft pada tahun berikutnya.
          

Tahun 1996: layanan pertama berbasis web (webmail)          


Pada tahun 1996, HoTMaiL (huruf dikapitalisasi adalah penghormatan kepada HTML), layanan webmail pertama, diluncurkan.
   

Tahun 1997: Istilah "weblog" diciptakan       
Sementara blog pertama telah sekitar selama beberapa tahun dalam satu bentuk atau, tahun 1997 adalah tahun pertama istilah "weblog" digunakan.

Tahun 1998: Berita online pertama    
Pada tahun 1998, berita besar adalah Bill Clinton / Lewinsky skandal Monica (juga disebut sebagai "Monicagate" julukan lainnya), yang telah diposting di The Drudge Report setelah membunuh.   

Tahun 1998: Google! 


Pencarian google ada  pada tahun 1998, merevolusi cara di mana orang menemukan informasi secara online.       

Tahun 1998: berbasis internet file-sharing                                  
                    

Pada tahun 1998 juga, Napster diluncurkan, membuka gerbang untuk mainstream berbagi file-file audio melalui internet.
                                                                                                          

Tahun 1999: Proyek SETI @ home                                                               
Tahun 1999 adalah tahun ketika salah satu proyek yang lebih menarik yang pernah dibawa ke online: SETI @ home proyek, diluncurkan. Proyek ini telah menciptakan setara dengan komputer super raksasa dengan memanfaatkan kekuatan komputasi lebih dari 3 juta komputer di seluruh dunia, menggunakan prosesor  mereka setiap kali datang pada screensaver, menunjukkan bahwa komputer dalam keadaan idle. Program analisis data radio teleskop guna untuk mencari tanda-tanda dari intelijen luar bumi.                                       

tahun 2000: Semburan gelembung                                                                 
Tahun 2000 adalah tahun keruntuhan dotcom, mengakibatkan kerugian besar bagi legiun investor. Ratusan perusahaan ditutup, beberapa di antaranya tidak pernah merubah keuntungan untuk investor mereka. NASDAQ, yang terdaftar sejumlah perusahaan besar teknologi dipengaruhi oleh gelembung, memuncak lebih dari 5.000, kemudian kehilangan 10% dari nilai dalam satu hari, dan bawah akhirnya selesai pada bulan Oktober 2002.        

Tahun 2001: Wikipedia diluncurkan                   
                                           

Dengan runtuhnya dotcom masih akan kuat, Wikipedia diluncurkan pada tahun 2001, salah satu situs yang membuka jalan bagi generasi kolektif konten web / media sosial.
                                  

Tahun 2003: VoIP utama                                                                               
Pada tahun 2003: Skype dirilis ke publik, memberikan
pengguna memudahkan untuk Voice over IP atau menelepon.                                                                                                                        
Tahun 2003: MySpace menjadi jaringan sosial paling populer
Juga pada tahun 2003,
dibukanya MySpace. Ini kemudian tumbuh menjadi jaringan sosial paling populer pada satu kurun waktu (meskipun sejak saat itu telah disusul oleh Facebook).             
Tahun 2003: CAN-SPAM Act berguna tutup pada email yang tidak diinginkan
Kemajuan besar pada tahun 2003 adalah untuk mengontrol Assault Non-Pornografi dan UU Solicited Pemasaran tahun 2003, lebih dikenal sebagai Undang-Undang CAN-SPAM.               

Tahun 2004: Web 2.0                                                                                     
Meskipun diciptakan pada tahun 1999 oleh Darcy DiNucci, istilah "Web 2.0", merujuk ke situs Web dan Rich Internet
Application (RIA) yang sangat interaktif dan user-driven menjadi populer sekitar tahun 2004. Selama konferensi web 2.0 pertama, John Batelle dan Tim O'Reilly menggambarkan konsep "Web sebagai Platform": aplikasi software yang dibangun untuk mengambil keuntungan dari konektivitas internet, bergerak menjauh dari desktop (yang memiliki kelemahan seperti ketergantungan sistem operasi dan kurangnya interoperabilitas).
2004: Media
Sosial dan Digg                                                       
                  

Istilah "media sosial", diyakini pertama kali digunakan oleh Chris Sharpley, diciptakan pada tahun yang sama bahwa "Web 2.0" menjadi konsep utama. Sosial media-situs dan aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi konten dan untuk berhubungan dengan satu sama lain-dimulai sekitar periode ini.
  
Digg
adalah sebuah situs berita sosial, diluncurkan pada bulan November 2004, membuka jalan bagi situs seperti Reddit, Mixx, dan Yahoo! Buzz. Digg merevolusi cara tradisional menghasilkan dan menemukan konten web, dapat mempromosikan berita dan link web yang terakhir dan dipilih oleh masyarakat.

Tahun 2004: "The" Facebook terbuka untuk mahasiswa       
                         

"Para" Facebook terbuka untuk mahasiswa
                                                    
Facebook diluncurkan pada tahun 2004, meskipun pada saat itu hanya terbuka untuk mahasiswa dan disebut "The Facebook"; nanti, "The" itu dijatuhkan dari nama, meskipun http://www.thefacebook.com URL masih bekerja
.   

Tahun 2005: YouTube - video streaming untuk massa                                  
YouTube diluncurkan pada tahun 2005, membawa video online gratis hosting dan berbagi kepada massa.
           

Tahun 2006: Twitter                                                                                       
Twitter diluncurkan pada tahun 2006. Ini pada awalnya akan disebut twittr (terinspirasi oleh Flickr); pesan Twitter pertama adalah "hanya menyiapkan twttr saya".

Tahun 2007: TV online                                                      
                             

Hulu pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, perusahaan
gabungan antara ABC, NBC, dan Fox untuk membuat TV populer yang tersedia untuk menonton online.
2007: iPhone dan Mobile Web
                         

                                              
Inovasi Mobile Web terbesar tahun 2007 adalah hampir pasti iPhone, yang hampir seluruhnya bertanggung jawab atas permintaan baru dalam aplikasi mobile web dan desain.

Tahun 2008: "Pemilihan di internet"                                                              
Yang pertama "Internet pemilihan" berlangsung pada tahun 2008 dengan pemilihan Presiden AS. Itu adalah tahun pertama bahwa calon
presiden mengambil keuntungan penuh dari semua internet yang ditawarkan. Hillary Clinton melompat di papan pada awal kampanye dan akhirnya masuk video YouTube. Hampir setiap calon memiliki halaman Facebook atau Twitter feed, atau keduanya.      
                                           

 







Ron Paul                                                                                                         

Ron Paul
mendapatkan rekor penggalangan dana baru dengan mengumpulkan dana $ 4,3 juta, pada satu hari melalui donasi online, dan kemudian mengalahkan rekor sendiri hanya selang waktu satu minggu kemudian dengan meningkatkan $ 4.400.000 dalam satu hari. +                                                  
Para pemilu 2008
di media Internet ditempatkan yang tepat di garis depan politik dan kampanye, sebuah tren yang tidak mungkin berubah dalam waktu dekat.

Tahun 2009: Perubahan kebijakan ICANN                                                   
Tahun 2009 membawa salah satu perubahan terbesar di Internet dalam waktu yang lama ketika AS di kontrol atas ICANN, badan penamaan resmi dari Internet (mereka organisasi yang bertugas mendaftarkan nama domain).

Pengarang






Cameron Chapman

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Red Spinning Frozen Snowflake